Call Now: : 0852 8533 5977 (Call) 08999 021 345 (WA)

Connect with us:

Blog Post

Tips menjadi Marketing Property Sukses


RumahDijual – Berikut ini Tips Menjadi agen atau marketing properti yang sukses, Marketing / Agen Properti adalah profesi yang menjanjikan. Jika lihai, pemasukan puluhan hingga ratusan juta rupiah bisa Anda kantongi dalam waktu singkat. Namun tentu saja, menjadi agen property yang sukses tidaklah mudah.
Menjadi agen properti bisa mendatangkan pemasukan melimpah. Untuk satu transaksi yang berhasil, komisinya berkisar antara 1% hingga 5%, tergantung harga properti yang dijual. Semakin tinggi harga properti, persentase komisi biasanya semakin kecil, namun nominalnya sudah cukup besar.

Di Jabodetabek, harga rumah kelas menengah berkisar antara Rp300 Juta hingga Rp500 Juta. Ini adalah tipe rumah yang banyak tersedia dan banyak dicari. Jadi sekali berhasil, seorang agen bisa mengantongi Rp9 Juta hingga Rp15 Juta, dengan estimasi komisi 3%.

Namun menjual properti tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kegigihan, dedikasi, dan kemauan untuk terus belajar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tips sukses menjadi agen properti.

1. Bergabung dengan agensi properti besar

Dengan bergabung bersama agen properti besar, Anda akan mendapatkan tips dan trik untuk mendekati konsumen dan menawarkan properti. Anda juga akan dipandu untuk mengembangkan jaringan Anda. Intinya, banyak hal teknis yang bisa Anda pelajari dengan bergabung dengan agensi properti besar.

2. Belajar dari yang berpengalaman

Butuh pengalaman untuk bisa menjadi agen properti yang sukses. Untuk mempercepat Anda mendapatkan pengalaman tersebut, Anda harus bergaul dengan rekan-rekan seprofesi. Sering-seringlah bertukar pikiran dan belajar dari pengalaman yang mereka bagikan kepada Anda.

3. Tentukan target Anda

Seperti disebutkan di atas, ada baiknya Anda memilih fokus pasar. Apakah Anda ingin mengincar pasar kelas menengah yang lebih ramai konsumennya, atau pasar kelas atas yang, meski sedikit, komisi yang didapat untuk sekali transaksi bisa berkali-kali lipat dari pasar kelas menengah.

3. Sesuaikan cara penjualan Anda dengan pasar

Kenali siapa target konsumen Anda. Kalau target Anda adalah kelas atas, maka kenalilah karakternya. Perhatikan cara berpakaian Anda, cara berbicara Anda, dan yang lainnya.

4. Tetap sabar dan buat calon konsumen Anda merasa nyaman

Bersabarlah. Menjual properti tidak semudah menjual krupuk. Itu pasti. Beberapa orang akan berpikir berkali-kali sebelum mengeluarkan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk membeli rumah. Mereka harus merasa yakin bahwa mereka membeli properti yang tepat.

Karena itu, sambut keingintahuan mereka dengan senyum lebar dan berikan penjelasan yang sebaik-baiknya. Selalu bersikap ramah dan bersahabat. Buatlah calon konsumen Anda nyaman. Menurut riset, rasa nyaman membuat seseorang lebih mudah mempercayai orang lain.

5. Pahami properti yang Anda tawarkan

Saat mempromosikan properti, Anda harus paham betul seluk-beluk properti yang Anda tawarkan. Tidak hanya sekedar berapa kamarnya, berapa luas tanahnya ataupun luas bangunannya. Di luar itu, pahami kondisi sekitar. Bagaimana akses menuju properti Anda. Berapa jauhnya dari tol terdekat, bagaimana angkutan umumnya, fasilitas umum apa saja yang tersedia sehingga calon konsumen tidak perlu khawatir dengan kebutuhannya.

Anda juga harus bisa menjelaskan hal-hal teknis seperti cara-cara pembayaran dengan KPR, cicilan, dan sebagainya.

6. Modal

Dalam menjual apapun, Anda harus mengeluarkan modal untuk berpromosi. Jangan pelit untuk mengeluarkan modal seperti membuat brosur, flyer, atau apapun. Buat agar desain flyer atau brosur Anda menarik bagi konsumen. Jangan terlalu banyak tulisan. Cantumkan saja hal-hal yang menarik. Promosi juga bisa dilakukan dalam bentuk blog internet. Di sini, Anda bisa mencantumkan lebih banyak informasi.

7. Bergabung dengan situs jual beli-properti

Membuat Website berbayar khusus listing property dengan themes premium contoh www.perumahansubsidi.com atau www.niagaproperty.com dan menjadi anggota situs jual beli-properti. Jangan hanya menjadi anggota gratisan. Jadilah anggota berbayar karena dengan menjadi anggota berbayar, iklan properti Anda akan lebih sering dipromosikan dan lebih mudah ditemukan. Biayanya terbilang terjangkau bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat.

8. Hati – hati jika kerjasama dengan sesama marketing property.

Ada beberapa teman saya menjual puluhan unit properti tidak pernah dibayar mungkin karena terlalu percaya sama teman, saat Fee Marketing sudah di transfer dari pihak agen properti atau developer bilangnya belum di transfer setelah di telusuri ternyata uangnya gunakan. Jika mau kerjasama dalam pemasaran dengan marketing cari marketing yang bisa di percaya dan cari tau tentang marketing tersebut. Minta referensi atau cari informasi tenyang marketing yang akan menjadi partner atau mitra anda. karena di luaran sana banyak marketing yang tidak bertanggung jawab dengan makan rezeki teman. Saya tidak bisa menyebutkan nama marketing yang curang dan licik makan rezeki teman tersebut disini padahal mereka menurut saya sudah senior. Tapi saya yakin karir atau rezeki mereka akan terhambat karena Tuhan Maha Mengetahui dan cepat atau lambat jika mereka curang sesama marketing akan mengetahui. Sekali lagi hati – hati kerjasama dalam penjualan rumah dengan sesama marketing properti jangan sampai anda hanya menjadi sapi perahan mereka.