Call Now: : 0852 8533 5977 (Call) 08999 021 345 (WA)

Connect with us:

Blog Post

BPJS mendukung pembiayaan program pembangunan sejuta rumah


Housing-Estate.com, Jakarta – BPJS Ketenagakerjaan diharapkan mendukung pembiayaan program pembangunan sejuta rumah. Dukungan lembaga yang mengelola dana ratusan triliun rupiah dari iuran pekerja itu  akan memudahkan kalangan buruh memiliki rumah layak huni. Namun harapan itu terbentur aturan yang hanya membolehkan BPJS Ketenagakerjaan menginvestasikan portofolionya maksimal 5 persen di sector perumahan.

BPJS Ketenagakerjaan mendukung program pembangunan sejuta rumah

“Kalau aturannya dilonggarkan dengan membolehkan investasi 30 persen (ke perumahan), kami siap membangun hingga 100 ribu unit rumah murah. Untuk ini tentu kami akan bekerjasama dengan pihak lain seperti developer dan instansi terkait lainnya,” ujar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn Masyassya, di Jakarta, Senin (27/7).

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan tengah menunggu revisi aturan PP No. 99 mengenai batas maksimal investasi di sektor properti. Bila aturan pelonggaran ini keluar nantinya rumah yang dibangun akan dikhususnya untuk pegawai dan pekerja anggota BPJS Ketenagakerjaan. Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Jeffry Haryadi, menyebutkan total investasi BPJS Ketenagakerjaan hingga semester pertama 2015 mencapai Rp10,09 triliun atau naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp9,29 triliun.

“Untuk investasi di sektor properti juga meningkat dari Rp59 miliar menjadi Rp73 miliar. Kalau nanti aturan untuk investasi properti sudah keluar, kami optimis perolehan dari sektor properti akan lebih besar, apalagi kebutuhan untuk perumahan memang sangat tinggi,” imbuhnya.